|

AKSI UNJUK RASA JIPI SUMUT DAPAT PUJIAN DARI MASYARAKAT, JIPI TUNTUT OKNUM PEMALAK UANG RAKYAT DI HUKUM

 



Dalam aksi tersebut para mahasiswa  menuntut agar Bupati Deli Serdang mencopot  Rudi Akmal Tambunan sebagai Kepala Dinas Sosial karena tidak dapat menindak anggotanya yang melakukan kejahatan, menuntut agar Rismar Silaban dicopot dari jabatannya dan menyerat Viktor Pasaribu kepenjara karena mengkoordinir pengutipan kepada para pendamping PKH dan menggelapkan uang rakyat.

Dalam tuntutannya para mahasiswa juga meminta agar Polres Deli Serdang melakukan proses hukum kepada para oknum tersebut. Aksi yang dilakukan pada kamis 21/10/2021 tersebut menyita perhatian publik dikarenakan aksi pertama setelah lecel pandemi covid-19 mulai mereda. Para pendemo terlihat melakukan orasi dengan menggunakan pengeras suara dan tetap melakukan prokes sebagaimana mereka janjikan dalam aksi tersebut. Ari mengatakan adanya janji Kepala Dinas Sosial akan memberikan hasil dan jawaban atas tuntutan para masasiswa dalam sebulan kedepan sesuai kesepakatan dalam tatap muka di aula Dinas Sosial usai aksi tersebut. Aksi akan dilakukan lagi bila tuntutan para mahasiswa tidak direspon oleh Polres Deli Serdang dan Dinas Sosial.

Sementara itu Ketua Formasi Forum Ban-sos Medan J. Felix mengatakan, aksi mahasiswa tersebut patut mendapat evaluasi yang baik, sangat sedikit orang yang perduli dengan nasib KPM yang miskin di negeri ini, malah ada oknum yang sengaja mengambil keuntungan atas kesengsaraan masyarakat miskin. Forum Bak-sos juga menemukan banyak dugaan kejahatan dalam penyaluran BPNT dan NON BPNT di Kabupaten Deli Serdang, keseluruhan data ini sudah kami laporkan ke Polda sumut, kita masih menunggu terkait keseriusan Polda Sumut akan temuan-temuan tersebut. Banyak dugaan pelanggaran etika yang dilakukan pelaksana kegiatan Bansos ini. Felix mengatakan Ketua Tim Koordinasi (Tikor) bansos sembako dan BPNT ini seharusnya di awasi ketat oleh mereka yang tergabung dalam Tikor yang diketuai Sekda Deli Serdang, namun menurut pantauan kami adanya pembiaran bahkan ada persekongkolan antara oknum-oknum pelaksana dengan pihak lain yang diduga merugikan masyarakat dan kerugian negara miliaran rupiah sejak pandemi covid-19 dimulai hingga saat ini.




Kami berharap Polda Sumut berkoordinasi dengan Inspektorat Deli Serdang melakukan pemeriksaan lapangan, dan Inspektorat Deli Serdang dapat sercara Independen danpa tekanan dari atasanya untuk melakukan investigasi dan melakukan pemeriksaan sebut Seniman. Dengan adanya aksi ini kami dari Forum Bak-Sos Sumut akan mengirimkan surat susulan kepada ibu Menteri Sosial agar menyikapi Tuntutan Mahasiswa ini, dampaknya adalah para oknum pemain yang duduga melakukan kejahatan dalam rangka pemulikan ekonomi nasional dapat ditindak tegas termasuk para aparat yang mencoba melakukan beking para oknum tersebut, lanjutnya. #ES.22/10/21

Komentar

Berita Terkini